Hilangkan Bau Tidak Enak Vagina Dengan Cara Ini

Bau tidak enak pada vagina akan membuat wanita tidak percaya diri terutama ketika akan melakukan hubungan intim. Rasa minder ini bisa mempengaruhi suasana hati dan keharmonisan saat berhubungan, meskipun sang pasangan tidak terlalu mempermasalahkan hal ini.

Bau pada vagina dipengaruhi oleh beberapa faktor dan sebelum kita mencari solusi, ada baiknya kita mempelajari terlabih dahulu penyebab dari bau tidak enak pada vagina.

Bakteri Vaginosis Penyebab Bau Pada Vagina

Penyebab utama bau vagina adalah infeksi, yang disebut bakteri vaginosis. Sebagian besar wanita menderita infeksi ini. Ini karena termasuk kondisi yang sangat umum terjadi.

Bakteri vaginosis merupakan pertumbuhan berlebih dari bakteri yang terjadi secara alami pada vagina.

Tanda-tanda Anda mengalami kondisi ini adalah bau amis dari vagina, keputihan berwarna putih atau abu-abu, serta sensasi terbakar ketika buang air kecil atau bersenggama.

Kebersihan area vagina yang buruk

Ada kemungkinan vagina berbau karena kebersihan yang buruk di area sensitif ini. Daerah selangkangan punya karakterisitik sangat berkeringat.

Adanya kelenjar khusus, yang disebut kelenjar keringat apokrin mengeluarkan cairan berminyak yang dimetabolisme bakteri pada kulit. Ini menjadi penyebab vagina mengeluarkan bau busuk. Pastikan membersihkan area selangkangan dengan baik saat mandi.

Makanan yang dikonsumsi

Serupa dengan makanan yang dikonsumsi bisa memengaruhi bau mulut, bau ketiak dan bau kaki, makanan juga memengaruhi bau vagina.

Penelitian menunjukkan, makanan beraroma kuat seperti cabai, lada, bawang putih, bawang merah, kubis, ikan, dan brokoli cenderung membuat vagina lebih berbau.

Pembalut yang tidak diganti

Pembalut yang tidak diganti saat menstruasi dapat menyebabkan penumpukan darah menstruasi.

Hal ini berujung terjadi iritasi, gatal, dan bau tidak sedap pada vagina yang sangat kuat. Ganti pembalut secara teratur untuk menghindari vagina berbau busuk.

BACA LAINNYA:   Vagina Kering Menjadi Tantangan Kehidupan Seksual Usia Lanjut

Perubahan hormonal

Saat menstruasi, bau vagina juga bisa jadi tidak sedap. Secara alami, bau vagina yang dikarenakan perubahan hormonal saat menstruasi dapat hilang sendiri.

Jika Anda merasa tidak nyaman, segera temui dokter. Wanita yang mengalami menopause juga cenderung mengalami ketidakseimbangan hormon sehingga bau vagina busuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *